Selasa, 30 Maret 2010

Contoh Deduktif, Induktif dan Deduktif - Induktif.

1) Deduktif
Paragraf deduktif adalah rangkaian kalimat yang mendukung suatu kalimat utama yang berada dibagian awal.

Contoh:
Desakan masyarakat agar Jakarta segera memiliki jalur khusus sepeda akan segera terjawab. Mulai awal 2010, jalur khusus pesepeda pertama di Ibu Kota akan disediakan di sepanjang ruas antara Lebak Bulus dan Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. “Persiapan masih dilakukan, termasuk bagaimana teknis penyediaan jalur sepeda ini. Namun demikian, kami sudah siap untuk menyediakan jalur sepeda bagi masyarakat. Diharapkan awal tahun 2010 sudah bisa direalisasikan,” kata Wali Kota Jakarta Selatan. Penyediaan jalur khusus sepeda merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Diharapkan, jika jalur khusus di Jakarta Selatan sukses melayani kebutuhan masyarakat, jalur serupa akan dibangun di kawasan lain di Jakarta.

(Dikutip dari : wwww.kompas.com)


2) Induktif:
Paragraf Induktif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya dinyatakan di akhir paragraf sebagai kesimpulan.

Contoh:
Banyak penjual kerudung di jalan keluar pabrik. Di sisi-sisi penjual itu juga Nampak penjual kurma dan buah lainnya. Belum lagi penjual pakaian yang memanjang hingga ujung jalan. Kerumunan pedagang tersebut makin membuat lalu lintas padat. Terlebih ketika para pekerja pulang dari pabrik, tetapi hal itu dapat dimaklumi. Memang setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak orang menjadi pedagang karena keuntungannya yang besar.

(Dikutip dari : Modul Bahasa Indonesia untuk SMA)


3) Deduktif - Induktif
Paragraf Deduktif-Induktif adalah kalimat Utamanya terdapat pada awal paragraf dan di akhir paragraf.

Contoh :
Beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional (UAN). Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Oleh karena itu, maka sebaiknya para guru memberitahukan tips belajar menjelang UAN.

(Dikutip dari : www.scribd.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar